Jumat, 24 Februari 2012

Lingkungan Belajar yang Nyaman

Dalam proses belajar mengajar saat ini, lingkungan kelas sangat mempengaruhi mood anak-anak didik dalam proses belajar  baik dalam fokus belajar dan menyerap informasi. Jika lingkungan kelas berantakan, kumuh, tidak tertata, ruang kelas panas dan bau tidak sedap maka akan dirasakan tidak menyenangkan bagi siswa dan bisa menghilangkan mood belajar juga.
Keadaan seperti ini sungguh sangat merugikan bagi siswa karena beban belajar yang harus diserap banyak sekali.  Jika diperhatikan, penyelenggara pendidikan sangat tidak memperhatikan lingkungan belajar yang nyaman bagi siswa. Hanya materi pelajaran yang dikejar tapi tidak memperhatikan faktor lain yang dapat membantu mood peserta didik bisa terasa nyaman dalam belajar. Bagaimana mau belajar jika melihat ruangannya saja sudah malas, jika ditambah belajar gimana rasanya bagi peserta didik dalam belajar misalnya ruangannya terasa tidak sedap.
Ada baiknya penyelenggara pendidikan memperhatikan hal ini, membuat lingkuangan belajar yang nyaman bagi peserta didik setidaknya tidak menghilangkan mood belajar. Ada baiknya jika lingkungan belajar ditata secara baik, bersih, sehat, nyaman, serta mampu mendukung proses belajar, jika hal ini mampu dihadirkan maka peserta didik akan memiliki pandangan belajar itu menyenangkan dan mengasyikkan. 
Dalam buku Mwtode EDU TAINMENT PENGARANG M. Sholeh Hamid, S.Pd. ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mendesain lingkungan kelas yang ideal, nyaman, dan mendukung proses belajar, antara lain menyediakan gambar, seperti memasang poster yang bisa dipasang di depan kelas tapi tetap memperhatikan keindahan lingkungan kelas. Selanjutnya kita harus memperhatikan warna, gunakan warna untuk memperkuat pengajaran dan belajar siswa karena otak berpikir dalam warna. Yang jarang diperhatikan juga adaalah dalam hal warna cat didinding kelas harus warna yang tepat sehingga peserta didik nyaman dikelas. 
Ini adalah tantangan bagi penyelenggara pendidikan untuk membuat peserta didik belajarnya nyaman. semoga tulisan ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar