Jumat, 25 Oktober 2013

Ingin Membangun Bisnis "LAGI"

Jalan hidup manusia tidak akan ada yang tahu, siapa pun dia sebelum kita menjalankannya. Ada 2 pilihan berhasil atau keberhasilan yang tertunda.
Ketika 1,5 tahun lalu memulai bisnis, berharap dan sangat berharap keberhasilan akan tercapai. Dengan semangat yang menggebu-gebu walaupun modal tidak menggebu-gebu...hehehhehehe....
Banyak hal yang saya dapatkan, baik itu pengalaman manis maupun sangat pahit. Ternyata ketika memulai bisnis (ini menurut pandangan saya) bukan hanya dibutuhkan "keinginan" memulai bisnis tapi harus memiliki ilmu nya. Jika tidak siap secara ilmu, hanya modal semangat itu hanya membuat "bencana" bagi" bisnis kita walaupun dengan memiliki ilmu yang cukup tidak menjamin keberhasilan dalam bisnis. Namun kebangkrutan dalam bisnis yang dijalani bila dirasakan dengan sepenuh hati akan banyak hal yang bisa kita peroleh.
Dari pengalaman yang saya ambil, ada beberapa hal yang bisa kita perhatikan :
  • Pisahkan rekening perusahaan dengan rekening pribadi
Inilah hal pertama yang harus dilakukan, jangan sekali-kali mencampur rekening pribadi dengan perusahaan yang kita bangun. Ini akan mengaburkan profit/rugi bisnis yang dijalani.
  • Ilmu + Mental 
Setiap langkah yang diambil harus dengan ilmu jangan karena hawa nafsu saja, akan sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup binis kita. Memang kalau tidak mencoba kita tidak akan tau berhasil atau tidak tapi akan lebih baik kita jika kita menjalankan dengan ilmu yang mumpuni.
  • Membuka usaha dari modal yang terjangkau
Baiknya awal membuka usaha, memulai dengan bisnis yang terjangkau modalnya.
  • Percaya pada diri sendiri
Kesuksesan berada ditangan kita sendiri bukan orang lain.
  • Lebih baik membangun dinasti perusahaan sendiri
Ada baiknya membangun dinasti perusahaan sendiri tanpa melibatkan orang lain kecuali dengan aturan main yang jelas. 
5 hal yang sangat berharga, ilmu yang tidak didapat di buku tapi pengalaman hidup mengajarkan untuk lebih bijaksana dalam mengambil keputusan, baik itu memutuskan seutuhnya menjadi pengusaha. Mungkin kemarin belum waktunya tapi akan saya bangun dinasti perusahaan sendiri. Bismillah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar