Sabtu, 14 April 2012

Ya Realitas

Ketika manusia berencana, ada banyak angan dan mimpi untuk jadi sebuah realita kehidupan. Ya memang harus seperti itu, ada realitas positif walaupun nanti akan ada pembanding realitas negatif untuk menyadarkan akan kelemahan kita sebagai manusia.
Hidup tanpa perencanaan masa depan seperti menjalani lautan yang sangat luas tanpa ada nya kompas. Kita akan berjalan tanpa arah yang jelas dan mungkin tersesat dalam perjalanan. Perencanaan dalam kehidupan seperti kita menghidupkan kompas kehidupan karena manusia bukan hidup seperti air selokan yang mengikuti arus tapi kita hidup seperti pelaut  yang mampu melawan arus dengan dibantu kompas kehidupan.
Ada pepatah, gagal merencanakan sama saja merencanakan kegagalan. Huft, sudah berapa banyak umur kita habiskan tanpa arah yang jelas mau ke mana akhir tujuan kita. Tidak jelas apa yang di tuju. Misalkan cita-cita mau menjadi pengusaha, ya jalani proses-prosesnya menjadi pengusaha dengan membuka usaha dari tahap kecil jika belum berani ambil resiko besar dan bertahap.
Walaupun nanti akan ada realitas negatif tapi yang terpenting adalah kita memiliki tujuan apa yang akan dicapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar