Minggu, 05 Februari 2012

Sikap Seorang Pemimpin

Tidak sombong walau berada di posisi teratas,
Memiliki prestasi luar biasa tetapi tidak arogan,
Mempunyai kebajikan yang baik dan tidak menyendiri,
Memiliki kerendahan hati ketika bersosialisasi dengan anak buah,
Memiliki kepribadian yang keras namun bersikap toleran terhadap orang lain,
Itulah sikap yang seharusnya dimiliki seorang Jenderal!

(Zhuge Liang)


Menjadi seorang pemimpin merupakan suatu amanah, amanah yang sangat berat. mungkin dalam hati, ketika diangkat sebagai pemimpin (ketua) akan muncul kesombongan bahwa ia lebih baik dari yang lain. Sejatinya tidaklah demikian. ia hanya ujian bagi jiwa yang lapang, apakah jiwa lapang itu ia miliki?
Tidak sombong ketika kepemimpinan itu menyapa dan ketika amanah kepemimpinan itu ditangan tidak arogan dalam perjalanan kepemimpinannya.  pemimpin sejati dirindukan kehadirannya bukan di benci kehadirannya karena sikapnya yang arogan. Arogan bukanlah sikap pemimpin sejati akan tetapi sang pemimpin itu mampu membaur dengan yang dipimpinnya dan mampu mengarahkan ke mana arah kepemimpinannya? ia sebagai seorang jendral, mampu mengarahkan kemana jalan yang harus ditempuh. seperti yang pernah diucapkan Zhuge Liang, tokoh Sam Kok/periode Tiga Negara dalam Tiongkok Kuno diatas. 
Jiwa seperti itulah yang harus dimiliki seorang pemimpin, bukan merasa ia yang paling benar tapi kebenaran yang harus dikedepankan. 
ini sedikit tulisan tentang kepemimpinan. Semoga bermanfaat!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar