Selasa, 07 Februari 2012

Belajar oh Belajar....Aku cinta Kamu....

Sore-sore gini, masih melihat semangat belajar para siswa yang belum padam dalam mengejar mimpi di bidang akademik walaupun jam sudah menunjukkan pukul 17.40 WIB, ada yang belajar sesuai KBM nya ada juga belajar sesuai permintaan konsultasi karena besoknya ada UTS di sekolah. Jika pada musim UTS, UN maupun SNMPTN biasanya bimbel-bimbel panen akan jadwal konsultasi dan bagian penjadwalan maupun staff admin pasti kerepotan dalam melayani jatah konsultasi. Repot memang tapi ini adalah bentuk tanggung jawab bimbel dalam melayani para siswa.
Jika dilihat, apakah model belajar CBSA atau belajar kebut semalam masih efektif???? Belajar terus menerus menjelang UTS, UN maupun SNMPTN lebih efektif atau belajar secara bertahap. Harus ada pola belajar yang harus di evaluasi. 
Seharusnya para siswa harus belajar yang efektif tidak saja mengejar nilai tapi ada esensi lain yaitu ilmu lebih dapat manfaat dalam kehidupannya. Karena dikhawatirkan, ilmu yang didapat hanya sebentar tidak berbekas hanya tertinggal nilai-nilai yang tak berarti lebih dari selembar kertas yang bernama raport dan Ijazah. Belajar efektif, ya belajar efektif harus ditemukan oleh para siswa. Memang setiap siswa memiliki belajar yang efektif yanng berbeda. Ada yang belajar harus bertahap, pelan-pelan, harus ada visualisasi gambar, ada belajar yang gaduh pun bisa, ada yang harus belajar dalam suasana sunyi. Temukanlah kenyamanan dalam belajar. Buat keyakinan bahwa belajar itu menyenangkan, menyenangkan dengan gaya mu. Ketika sudah menemukan maka kamu akan menjadi giat dalam belajar. Ingat, belajar itu bukan beban tapi hobi. 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar